Bacaan Niat Puasa Senin kamis Dan Manfaatnya Menurut Islam

Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya Menurut Islam. Puasa senin kamis itu adalah merupakan salah satu amalan yang sering di laksanakan oleh baginda tercinta Nabi Muhammad SAW dalam arti hukumnya adalah sunnah, maka dengan itu kita yang mengaku-ngaku sebagai ummatnya, supaya diakui oleh Rosululloh sebagai ummatnya dan mendapatkan syafaat nanti di hari pembangkitan, maka cintailah beliau dan ikutilah sunnahnya.

Puasa senin kamis memiliki banyak manfaat keistimewaan, hikmah sertaq eutamaan dalam melaksanakannya sama halnya seperti melaksanakan puasa arafah, tarwiyah dan  puasa puasa sunah lainnya maka untuk selanjutnya tak ada salahnya kalau kita membahas tentang "Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya Menurut Islam", barang kalia masih ada saudara-saudara kita yang masih belum hapal atau karena lupa lagi atas bacaan/lafadz niat puasa senin kamis.

Nah untuk itu bagi kita yang hendak melaksanakan puasa senin dan kamis, sebelumnya alangakah baiknya untuk mengkaji dulu bacaan niat puasa senin kamis, karena yang menentukan syah dan tidak syahnya amalan kita itu tergantung pada niatnya, jangan sampai amalan kita ini mubah di hadapan Alloh SWT Berikut ini adalah Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya Menurut Islam:

Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya Menurut Islam

Bacaan Arab, Latin Dan Artinya Niat Puasa Sunah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

Artinya :Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Sedangkan Untuk Bacaan Arab Dan Latin Niat Puasa Sunah Hari Kamis Adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Artinya :Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.


Nah itulah untuk bacaan Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya Menurut Islam dalam bahasa arab, latin dan artinya untuk supaya kita tidak lupa lagi maka sering kalilah hafalkan bacaan ini dan laksanakalha puasa senin dan kamisnya.

Sedangkan untuk mas'alah keutamaan melaksanakan puasa senin dan kamis di antaranya;

1. Sejarah telah mencatat bahwa Rasulullah Sholallahu Alaihi wassalam dilahirkan pada hari senin tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah, atau bertepatan dengan tanggal 27 April 571 Masehi.

عَنْ اَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اْلِاثْنَيْنِ ؟ فَقاَلَ ذَلِكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ اَوْ اٌنْزلَ عَلَيَّ فِيْهِ


Artinya:

“Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

2. Hari senin dan hari kamis adalah merupakan hari penelitiannya amal mingguana kita oleh malaikat yang di tugaska oleh Alloh SWT, sesuai dengan sabda Nabi kita Muhammad SAW

وَعَنْ اَبِيْ هَرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُعْرَضُ اْلَاعْمَالُ يَوْمَ اْلِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَاُحِبّ اَنْ يٌّعْرَضَ عَمَلِيْ وَاَنَا صَائِمٌ


Artinya:“Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rosulululloh SAW bersabda : “Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi)

3. Dari Abu Harrairah ra, Bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا


Artinya:

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Mengingat kemanfaatan puasa senin kamis bagi kita terutama bagi kesehatan diantaranya:

1. Dapat menurunkan lemak, memang lemak itu adalah merupakan salah satu nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh kita namun jika berlebihan bukannya bagus bagi pertumbuhan kita malah bisa mengakibatkan mudah datangnya penyakit.
Dalam penurunan lemak secara efektip supaya tidak berlebihan dalam tubuh kita itu diantaranya, olah raga secara teratur, melaksanaka diet dan yang paling bagus adalah dengan cara berpuasa.

2. Dapat mengeluarkan racun atau toksin dari dalam tubuh kita yang bercapur denga darah, lemak, dan yang lainnya yang berasal dari makanan dan minuman yang sering kita konsumsi sehari-hari karena pada masa sekarang ini banyak makanan-makanan yang mengandung jat kimia.

Nah cara yang paling baik untuk mengeluarkannya selain dari pada olah raga adalah dengan melaksanakan puasa, karena dengan puasa pasti kita tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman, sehingga nantinya racun-racun yang ada dalam tubuh kita akan keluar sendirian dengan lewat buang air kencing, urin, atau pun lewat keringat.

3.Dapat mempercantik kulit tubuh apalagi bagi kaum wanita, karena dengan puasa sel-sel tubuh akan megalami pergantian atau pun reorganisasi secara teratur sehinggan nantinya sel-sel kulit akan mengalami peremajaan, tentunya kulit kita ini akan lebih muda lagi dan bisa lebih tampak cemerlang.

4. dapat memberikan pengistirahatan organ pencernaan tubuh, karena kalau terus menerus tidak ada hentinya organ pencernaan akan mengakibatkan cepat mengalami keruksakan, maka dengan melaksanakan puasa pasti organ tubuh kita ini tidak terlalu banyak bekerja dalam pencernaannya.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan pada artikel ini mengenai Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya Menurut Islam, namun bukan hanya puasa senin kamis saja yang memiliki banyak keutamaan dan manfaatnya itu bisa juga dari puasa arofah, tarwiyah, puasa rajab, puasa sunnah sya'ban, puasa enam hari bulan syawwal apalagi puasa pada bulan ramadhan, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.