Bacaan Doa Khatam Al-Quran 30 juz Arab Lengkap Artinya

Bacaan Doa Khatam Al-Quran Lengkap - Al-quran adalah kitab suci yang merupakan pedoman bagi umat islam dan diturunkan oleh Alloh SWT kepada Baginda Nabi Muhammad SAW yang menjadikan ibadah ketika di bacanya walaupun dengan satu ayat yang paling pendek.

Sebagai mana dalam sebuah riwayat bahwa turunnya al -quran ketika Nabi Muhammad sedang berada di goa hira pada malam ke 17 bulan ramadhan tiba-tiba datang malaikat Jibril membawa wahyu yang pertama kalinya di sampaikan kepada Rosululloh.

Ayat atau surat yang di bawanya adalah surat al-alaqk dari ayat satu sampai dengan ayat lima, dengan keadaan seperti itu Rosululloh merasa terkejut dan ketakutan sebab Baginda Nabi Muhammad SAW Resmi di angkat menjadi Nabi dan Rosul yang akan mengemban amanah risalah yang begitu beratnya.

Bacaan Doa Khatam Al-Quran Arab Lengkap Artinya

Karena Al-qur'an merupakan pedoman bagi umat islam maka seharusnya kita sebagai umat islma membacanya supaya faham isi kandungan dari pada ayat tersebut, namun walau gak faham makna ayatnya jangan pernah berhenti kita terus baca al-quran sampai khotam berulang kali karena tetap kita akan mendapatkan fahala.

Rasulullah bersabda :

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

Artinya : “Bacalah Al-Quran, sesungguhnya ia (Al-Quran) akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya.” (Imam Muslim, Shahih Muslim).

Dan setelah kita khotam al-quran ada bacaan doa khusus yang harus kita baca setelah khatam al-quran seperti yang akan kami buat di sini dalam tulisan bahasa arab latin lengkap dengan artinya atau terjemaahannya.

Sebagai mana dalam hadits riwayat sahabat Anas bin Malik Ra:

كان أنس إذا ختم القرآن جمع ولده وأهل بيته فدعا لهم

Artinya : “Dahulu Anas, jika dia mengkhatamkan Al Quran maka dia mengumpulkan anak-anaknya dan keluarganya, lalu dia berdoa untuk mereka.”

Bacaan Doa Khatam Al-Quran Arab

اَللَّهُمَّ ارْحَمْنِيْ بِاْلقُرْآنْ، وَاجْعَلْهُ لِيْ إِمَامًا وَنُوْرًا وَهُدًا وَرَحْمَةْ، اَللَّهُمَّ ذَكِّرْنِيْ مِنْهُ مَا نَسِيْتُ، وَعَلِّمْنِيْ مِنْهُ مَا جَهِلْتُ، وَارْزُقْنِيْ تِلاَوَتَهُ آنَاءَ الْلَيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارْ، وَاجْعَلْهُ لِيْ حُجَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمْيِنَ

“Allhummarhamni bilqur’an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.”

Artinya : “Ya Allah berikanlah rahmat kepadaku dengan kitab Al-Quran yang agung ini, jadikanlah ia (Al-Quran) bagiku sebagai panutan, cahaya, serta petunjuk rahmat.”

“Ya Allah ingantkanlah aku seandainya aku lupa akan ayat-ayat Al-Quran.”

“Ajarkanlah aku dari padanya yang belum aku ketahui dan anugerahkanlah kepadaku kesempatan membaca Al-Quran tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia (Al-Quran) sebagai pembela yang kuat bagiku. Wahai Allah, Tuhan semesta alam.”

Demikian yang dapat kami buat bacaan doa khotam al-quran lengkap dalam tulisan arab latin dan artinya semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan kita terus selalu baca al-quran sampai berulang kali khotam.