-->

Fadhilah Dzikir Doa Lengkap Dengan Dalilnya Dalam Agama Islam

Fadhilah Dzikir Doa Lengkap Dengan Dalilnya Dalam Agama Islam - Disini kami kan sedikit memberikan pengertian dari soal apa yang dimaksud dengan adab doa dan dzikir secara bahasa dan istilah dalam islam serta dalilnya, karena masih banyak di kalangan umat islam yang masih bertanya-tanya tentang yang dinamakan dzikir dan doa sesuai dengan sunnah Rosul.

Kita sebagai manusia di lahirkan ke muka bumi ini bukan sekadar untuk menikmati kenikmatan dunia, tapi manusia lahir ke dunia ini hanyalah untuk beibadah kepada Alloh SWT. Ibadah adalah melaksanakan semua yang di ridhoi oleh Alloh SWT.

Akan tetapi manusia itu kebanyakan hampir lupa atas tugasnya, karena tertipu dengan bujuk rayuan syaitan yang terbelenggu, padahal semua manusia pada dasarnya tau bahwa mereka itu tertipu oleh tipu daya syaitan. Kenapa sampai bisa terjadi seperti itu? ini karena manusia lupa atas berdzikir dan berdoa kepada Alloh.

Fadhilah Dzikir Doa Lengkap Dengan Dalilnya Dalam Agama Islam

Maka untuk itu kita sebagai umat Islam harus selalu  berdzikir ( mengingat ) kepada Alloh SWT baik dalam keadaan apa saja siang dan malamnya bahkan setiap kali kita bernapas, guna untuk supaya mendapat ridho-Nya juga mendapat bimbingan dalam menjalankan kehidupan di dunia ini demi meraih kebahagiaan nanti di akherat, maka dengan ini kami disini menyajikan Fadhilah doa dan dzikir seperti dibawah ini:

Maka oleh karena itu berdo'a pun juga termasuk ibadah, karena berdo'a adalah merupakan perintah  Alloh SWT. Sebagai mana Alloh telah berfirman:
Surat Al-A'râf ayat 55-56

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

Artinya: "Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas "

Berdo,a adalah memanjatkan permohonan dan harapan kepada Alloh swt. Berdo,a tidak bisa di lakukan hanya dengan mengucapkan permohonan dan harapan di bibir saja.Berdo,a di lakukan dengan memahami apa yang di ucapkan dan diiringi kekhusyukan serta keikhlasan hati. Rosululloh Saw sangat menganjurkan berdo,a dan memperingatkan orang yang enggan berdo,a, antara lain:

1. Alloh swt Berfiman " Berdo,alah kepada ku,niscaya aku mengabulkan do,amu.sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-ku (berdo,a kepada ku) akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina."
2. "Mintalahanugrah Alloh swt. sesungguhnya Alloh swt senang di minta oleh hambanya.
3. "Do,a adalah inti ibadah.
4. "Tidak ada yang paling mulia di sisi Alloh swt selain berdo,a.
5. "Do,aadalah senjata orang yang beriman, tiang agama, serta cahaya langit dan bumi.
6. "Alloh swt murka kepada orang yang tidak berdo,a kepada-nya.
7. "Janganlah kamu berputus asa dari Rahmat Alloh swt.
8. "Barang siapa menginginkan do,anya di kabulkan Alloh swt ketika ia dalam kesulitan, maka hendaklah ia memperbanyak do,a tatkala senang. Rosululloh saw menjelaskan fadilah berdo,a, di antaranya:

1. Alloh swt mencintai orang yang berdo,a menjadikannya dekat dengan-nya.
2. Mendapatkan Rida, rahmat, dan petunjuk Alloh swt.
3. Mendapatkan Ampunan Alloh swt.
4. Mendapatkan keluasan Rezeqi.
5. Mendayangkan ke baikan serta menolakkan kemudaratan dan musibah.
6.Memudahkan kesulitan.
b. Fadilah berzikir

Berzikir adalah: mengingat dan menyebut nama Alloh swt serta mengucapkan kalimat pujian kepada Alloh swt secara berulang-ulang.Tujuan berzikir adalah agar hati mejadi dekat kepada Alloh swt dan tetap kuat dalam keimanan. Berzikir dilakukan setiap saat sekalipun hanya sedikit, diutamakan sebanyak-banyaknya dan terus menerus.Alloh swt memerintahkan
berzikir antara lain:

1. "Ingatlah (berzikirlah) kamu kepada-ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu.

2. "Berzikirlah kepada Alloh swt dengan zikir yang sebanyak-banyaknya. Rosululloh saw mengemukakan beberapa fadilah berzikir , di antaranya:

1. Alloh swt telah berfirman,
"Aku menurut dugaan Hamba-ku terhadap-ku. Aku bersama hamba-ku apabila ia mengingat Aku. Jika ia mengingat Aku pada dirinya, niscaya Aku mengingatnya pula pada Diri-ku. Jika ia mengingat Aku dalam satu kelompok,niscaya Aku mengingatnya pada kelompok yang lebih baik dari pada kelompok mereka. Jika ia mendekatkan diri kepada-ku satu jengkal, maka Aku akan mendekatinya satu hasta, Jika ia mendekatkan diri kepada-ku hasta, maka aku akan mendekatinya satu depa. Jika ia datang kepada-ku dengan berjalan, maka aku akan datang kepadanya dengan berlari.

2. Orang yang berzikir mendapatkan Rahmat dan ampunan Alloh swt.
3. Alloh swt menyebut nama orang yang berzikir kepada para malaikat yang berada di sisi-nya.
4. Orang yang berzikir  mendapatkan perlindungan Alloh swt pada hari kiamat.
5. Berzikir kepada Alloh swt lebih utama daripada ber jihad Fi sablillah dan memberikan harta yang banyak terus- menerus.
6. Orang yang berzikir mendapatkan ketenangan hidup.
7. Orang yang berzikir diibaratkan orang yang hidup dengan rohaninya, dan orang yang tidak berzikir diumpamakan orang yang mati.

Rupanya sekian yang dapat saya sampaikan mengenai tentang Pengertian Doa dan Dzikir Dalam Agama Islam karena yang namanya doa itu banyak diantaranya: pengertian qurban dan aqiqah, bacaan doa qunut, hadits shahih sholat tarawih, doa sholat dhuha, doa sholat tahajud, doa selamat, doa sholat istikharah dan masih banyak yang lainnya semoga bermanfaat bagi kita semua.

Advertisement