-->

Amalan Bacaan Doa Malam Akhir Dan Awal Tahun Baru 1442 Lengkap

Bacaan Doa Malam Akhir Dan Awal Tahun Baru 1442 - 2020 -
Sudah merupakan hal yang biasa berjalan di masyarakat kita ini bahkan bukan cuman di dalam negeri saja di luar negri juga sama ketika menghadapi detk-detik pergantian tahun baru orang pada ramai serentak meniup terompet dan menyalakan kembang api atau petasan di tiap-tiap tempat keramaian seperti di alun-alun di pinggiran pantai atau ditempat wisata lainnya sehingga pada waktu itu terdegarlah gemuruh petasan di setiap penjuru.

Setelah kita fahami dalam pergantian tahun bahwa dalan ritual keagamaan ada yang di sebut doa awal dan akhir tahun baru, maka untuk kumpulan dan tata cara membaca tulisan atau naskah doa akhir dan awal tahun baik pada pelajaran sekolah dalam bahasa arab latin lengkap beserta artinya indonesia akan kami tulis dan kami jelaskan secara rinci di sini.

Lalu bagai mana pandangan umat Islam tentang menghadapi dan menyambut tahun hijriyah atau masehi ini? supaya lebih bermakna dan barokah alangkah baiknya begitu tiba saatnya pada waktu pukul 23:60 kita membaca do'a akhir tahun dan setelah itu langsung kita baca lagi do'a awal tahun, bukan hanya mengucapkan ucapan tahu baru Insya Alloh dengan pergantiannya tahun baru itu kehidupan kita akan diberikan kebarkahan dan akan mendapatkan bimbingan hidayah taufiq dari Alloh SWT.

Bacaan Doa Amalan Malam Akhir Dan Awal Tahun Baru 1442 Lengkap

Karena Do’a adah merupakan salah satu senjata dan kekuatan bagi orang yang beriman kepada Allah SWT. Karena didalamnya terkandung renungan, harapan, kecemasan, dan (sekaligus) optimisme terhadap kondisi yang lebih baik. Juga berdoa itu adalah merupakan keberadaan sikap dan perilaku yang rendah di hadapan Alloh SWT. Inilah bacaan doa akhir tahun baik tahun baru masehi maupun hijriyyah dalam tulisan bahasa arab latin lengkap dengan  artinya yang harus kita baca:

(DO’A AKHIR TAHUN DIBACA 3X)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

bismillaahhir rohmaanir rohiim washollalloohhu 'alaa sayyidinaa muhammadiw wa'alaa aalihhi washohbihhi wasallam alloohhumma maa 'amiltu fii hhadzihhis sanati mimmaa nahhaitanii 'anhhu falam atub minhhu walam tardlohhu walam tansahhu wahalamtu 'alayyaa ba'da qudrotika 'alaa 'uquubatii ilaat taubati minhhu ba'da jur-atii 'alaa ma'shiyatika fa-innii astaghfiruka faghfirlii wamaa 'amiltu fiihhaa mimmaa tardloohhu wawa'adtanii 'alaihhisy syawaaba fa-as-aluka alloohhumma yaa kariimu yaa dzaljalaali wal-ikroomi ang tataqobbalahhu minnii walaa taqto' rojaa-i mingka yaa kariimu washollalloohhu 'alaa sayyidinaa muhammadinin nabiyyil ummiyyi wa'alaa aalihhi washohbihhi wasallim.

Artinya :Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW,beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat.

Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, Nabi yang Ummi dan ke atas keluarga dan sahabatnya"
.
(DO’A AWAL TAHUN 3X)

بسم الله الرحمن الرحيم وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ, اَللَّهُمَّ أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الأوَّل. وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَجُوْدِكَ الْمُعَوَّلْ. وَهَذَا عَامٌّ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلْ. نَسْئَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ. وَاْلعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ. وَالْإِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِىْ إِلَيْكَ زُلْفَى. يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ. يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

bismillaahhir rohmaanir rohiim washollalloohhu 'alaa sayyidinaa muhammadiw wa'alaa aalihhi washohbihhi wasallam alloohhumma angtal abadiyyul qodiimul awwalu wa'laa fadllikal 'azhiimi wujuudikal mu'awwali wahhaadzaa 'aamu jadiidu qod aqbala ilainaa nas-alukal 'ishmata fiihhi minasy syaithooni wa-awliyaa-ihhi wajunuudihhi wal'awna 'alaa hhadzihhin nafsil maaroti bissuu-i wal-istighoola bimaa yuqorribunii ilaika zulfaa yaa dzaljalaali wal-ikromi yaa arhamar roohhimiina washollalloohhu 'alaa sayyidinaa muhammadinin nabiyyil ummiyyi wa'alaa aalihhi washohbihhi wasallim.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan,agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, Nabi yang ummi dan ke atas para keluarga dan sahabatnya."

Itulah Amalan Bacaan doa akhir dan awal tahun yang dapat Saya sampaikan kepada semua kerabat dimanapun berada semoga kita dapat memahami dan mengamalkannya supaya hidup kita selamanya mendapat bimbinga hidayah dan taufiq dari Alloh SWT.Amiiiin. Jangan lewatkan kesempatan anda baca juga dan prbanyaklah membaca sholawat nariyah bukan sekedar berikan ucapan tahun baru gambar dp bbm bergerak tahun baru, ucapan selamat ulang tahun dan masih banyak lagi yang lainnya makanya terus saja update di alamat kami ini ;islamianews.com

Advertisement