Keutamaan Dan Keistimewaan Bacaan Surat Yasin, Al Kahfi Malam Jumat

Keutamaan Dan Keistimewaan Bacaan Surat Yasin, Al-Kahfi Malam Jumat. Malam jumat adalah malam yang istimewa bagi umat Islam karena pada malam hari jumat itu memiliki banyak keutamaan, fadhilah serta hikmah yang akan kita dapatkan dari Alloh SWT makanya malam hari jumat itu di sebut sayyidul ayam/ rajanya hari dari nama-nama hari dalam satu minggu.

Makanya perbanyaklah kita beramal pada malam hari jumat dengan berbagai amalan sunah seperti memperbanyak bacaan sholawat, bacaan surat yasin, surat al Kahfi, sholat sunat tasbih, sholat taubat, sholat sunat mutlaq, sujud syukur, doa malam jumat dan malam jumat itu adalah merupakan sunah Rosul. Insya Alloh kalau kita memperbanyak amalan pada malam hari jumat itu akan mendapatkan fadhilah dan hikmah dari Alloh SWT.

Terutama keutamaan baca yasin di malam jumat atau siang harinya kita perbanyaklah bacaan sholawat sebagai mana Rosul telah bersabda dalam haditsnya,

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً


“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-)

Keutamaan Dan Keistimewaan Bacaan Surat Yasin, Al-Kahfi Malam Hari Jumat

Begitu juga orang yang membaca surat yasin pada malam jumat akan mendapatkan banyak manfaat, fadhilah serta hikmah dari Alloh SWT untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akherat seperti mana keutamaan bacaan surat yasin pada malam jumat diantaranya:

Manfaat/Khasiat Surat Yasin (Yaasiin)
-Menurut sabda Nabi Muhammad saw, siapa membaca surah Yaasiin(Yasin) satu kali, sama dengan membaca Alqur’an sampai khatam (selesai) sepuluh kali, siapa membiasakan membaca surah Yaasiin setiap malam sampai mati, maka termasuk mati syahid.
-Jika dibaca pada waktu pagi, maka memperoleh kegembiraan sampai sore, dan jika dibaca disore hari maka dapat gembira sampai pagi.
-Dibacakan pada orang sakaratul maut maka akan memepermudah keluarnya ruh.
-Membaca Surah Yasin = Membaca Alqur’an 10 kali.
-Dapat memberi syafaat bagi pembacanya.
-Dimudahkan hajatnya.
-Meringankan siksa kubur.
-Menolak kejahatan.
-Di baca pada malam jum’at mendapatkan ampunan.
-Jika belum menikah akan dapat jodoh.
-Jika ketakutan, Allah akan menghilangkan rasa takutnya itu.
-Jika dipenjara, Niscaya akan bebas.
-Orang tersesat akan mendapat jalan lagi.
-Orang haus akan hilang hausnya.
-Orang sakit akan hilang sakitnya.
Dan masih banyak lagi yang lainnya dari pada fadhilah surat Yaasiin (Yasin)

Adapun keutamaan, fadhilah dan hikmah serta keistimewaan bacaan surat al Kahfi pada malam hari jumat beberapa hadist menjelaskan seperti di bawah ini;

1. Dari Abu Sa'id al-Khudri radliyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ


"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

2. Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ


“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Al-Mundziri berkata: hadits ini diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad yang tidak apa-apa. (Dari kitab at-Targhib wa al- Tarhib: 1/298)”


3. Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ


"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

Demikianlah yang dapat kami sampaikan "Keutamaan Dan Keistimewaan Bacaan Surat Yasin, Al-Kahfi Malam Jumat", namun bukan hanya itu saja yang dapat kami sajikan dalam artikel ini masih banyak lagi seperti keutamaan 10 muharam, doa mulai bekerja, doa di beri ke mudahan makanya terus saja update disini. Semoga dengan adanya artikel kami ini ada manfaatnya bagi kita semua dan kita bisa lebih meningkat dalam beramal demi meraih kebahagiaan dunia akherat.