Kapan Jatuh pada Hari Apa Tanggal Penetapan Awal Ramadhan 2019

Kapan Jatuh pada Hari Apa Tanggal Penetapan Awal Ramadhan 2019 - Dikalangan umat islam sudah mejadikan hal yang pasti setiap akam memasuki bulan suci raramadhan yang pertama kali di jadikan permas'alahan adalah puasa jatuh pada tanggal berapa pada tahun 2019 ini, itu mungkin yang i persoalkan, karena bulan ramadhan ada kaitannya dengan ibadah sedangkan yang namanya ibadah ada tata cara dan kepastian waktu yang telah di tentukan dalam syariat islam.

Sehingga bila mana kita melaksanakan ibadah puasa dalam waktu yang diragukan itu hukumnya haram tidak syah, misalkan pada tanggal 30 sya,ban, sedangkan pada tanggal itu ada 2 kemungkinan bisa jatuh tanggal satu dan mungkin juga masih termasuk pada bulan sya,ban, karena hitungan hari setiap bulan hijriyah itu ada dua hitungan pertama 29 hari dan yang kedua 30 hari tida akan terjadi adanya hitungan 28 atau 31 itu menurut kalender hijriyyah atau kalender islam.

Maka untuk itu kita sebagai umat islam dalam menentukan tanggal satu bulan ramadhan harus benar-benar adanya keyakinan baik dengan menggunakan secara ilmu hisab (hitung), atau menggunakan rukyat hilal yang biasa dilaksanakan oleh para ahli di bidang ilmu astromomi ilmu perbintangan dengan menggunakan alat peneropong bulan pada waktu ijtima atau perkumpulannya matahari dan bulan di waktu menjelang magrib.

Kapan Jatuh pada Hari Apa Tanggal Penetapan Awal Ramadhan 2019

Dan setelah itu dengan keputusan mentri agama yang di saksikan oleh ahli di bidan itu dan para ulama mujtahid diadakan sidang isbat untuk menyepakati puasa tanggal berapa jatuhnya satu bulan ramadan, yang nati hasilnya bisa di infokan secara pulik di media-media seperti di TV dan yang lainnya. Nah setelah itu baru kita bisa melaksanakan ibadah puasa di esok harinya dengan penuh keyakinan tanpa sedikitpun keragua.

Maka untu itu kami disini akan memberikan informasi dari banyaknya pertanyaan yang muncul di hati kita ini kapan tanggan ramadhan 2019, untuk itu kami di sini secara jelas memberikan iformasi untuk tanggal ramadha 2019:

1. Ijtima Bulan dan Matahari di Tasikmalaya pada Hari Ahad Tanggal 5 Mei 2019 M-1440 H, Jam 04 Lebih 31 Menit, 31 Detik
2. Tingginya Bulan pada Malam Senin, 6 Darjah, 44 Daqiqoh, 15 Sawani, 0 Sawalis
3. Lamanya bulan dilangit pada Malam Senin, 26 Menit, 57 Detik, 0 Sekon
4. Berjalan pada Buruj Tsaor, 26 Darjah, 57 Daqiqoh, 0 Sawani
5. Letaknya Bulan di sebelah utara, miring ke utara, maju ke kanan Matahari
6. Bulan yang terang 3/4 jari atau 0.75 jari
7. Manzilah Qomar pada 13 النطح

Jadi Awal Bulan Ramadhan Tahun 1440 Hijriyyah Jatuh Pada Hari Senin, 6 Mei 2019
hisaban ini menggunakan tul balad untuk daerah kota tasikmalaya dan sekitarnya, namun untuk kota yang lain juga tidak akan jauh berbeda dengan keadaan ijtima seperti di kota tasikmalaya ini.

Namun kalau seandainya kita masih ragu dengan hasil hisaan ini untuk lebih pastinya kita tunggu saja  Hasil Sidang Isbat, Menteri Agama Putuskan Awal Puasa Ramadhan Tahun 1440 Hijriyyah Jatuh Pada Hari Senin, 6 Mei 2019.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang informasi kapan jatuh tanggal satu awal bulan suci puasa ramadhan menurut hasil hisab rukyat yang telah di sepakati dalam sidang isbat 2019 M-1440 H, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan kita di berikan kekuatan lahir maupun batin dalam melaksaknakan ibadah puasanya.