Keutamaan Amalan Dan Bacaan Lafadz Doa Niat Buka Puasa Bulan Rajab

Keutamaan Amalan Dan Bacaan Lafadz Doa Niat Buka Puasa Bulan Rajab - Bulan rajab di pandang kaca mata islam memiliki banyak keistimewaan keutamaan dan amalan yang terdapat pada bulan rajab dalam islam maka perbanyaklah amalan sunnah, karena banyak hadits yang menjelaskan tentang kaifiat dzikir doa sholawat bulan rajab dan sya'ban dan sebelum tiba pada saatnya bulan ramadhan di buan rajab kita di sunnahkan unuk berpuasa dengan niat puasa rajab hari pertama dan manfaatnya untuk bayar hutang dan yang lainnya.

Kalau kita melihat pada bulan rajab itu terdapat beberapa keutamaan dan manfaat bagi orang yang berpuasa dengan niat puasa rajab. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya: "Barang siapa berpuasa pada bulan rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahannam, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya". (HR. At-Tabrhani)

Bulan rajab adalah merupakan salah satu bulan yang di muliakan oelh Allho SWT, karena pada bulan itu terkandung sejarah isra mi'raj Nabi kita Muhammad SAW, maka oleh karena itu sepantasnya kita ,mengagungkannya dengan berbagai macam amalan  seperti niat puasa rajab sebagai hamba Alloh menghormatinya kepada bulan rajab dengan cara meningkatkan amal ibadah kita kepada Alloh SWT.

Keutamaan Amalan Dan Bacaan Lafadz Doa Niat Buka Puasa Bulan Rajab

Salah satu amal yang harus kita tingkatkan/laksanakan adalah dengan cara puasa rajab, dengan melaksanaka puasa rajab itu insya Alloh kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Alloh SWT. karena dalam sebuah hadits di katakan "Rajab adalah bulan Allah, Sya'ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku" maka kami disini akan menyajikan Bacaan Doa Niat Puasa Dan Keutamaan Amalan Bulan Rajab barang kali ada saudara-saudara kami yang hendak melaksanakan puasa rajab itu..

Bacaan Niat Puasa Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta'ala

Nah itula bacan niat puasa rajab, untuk bacaan doa berbukanya itu sama saja dengan bacaan doa puasa ramadhan.

Mengingat sangat pentingnya kita melaksanakan amalan pada bulan rajab selain kita melaksanakan puasa perbanyaklah berdoa dengan bacaan sebagai mana dalam hadits  bahwa apabila Rasulullah SAW ketika memasuki bulan Rajab beliau selalu berdo’a:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).

Hadits Tentang Kesunahan Puasa Bulan Rajab Nash Hadits tersebut juga telah disebutkan dalam Musnad Imam Ahmad (1/259)

حدثنا عبد الله ، حدثنا عبيد الله بن عمر ، عن زائدة بن أبي الرقاد ، عن زياد النميري ، عن أنس بن مالك قال : كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا دخل رجب قال : اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبارك لنا في رمضان وكان يقول : ليلة الجمعة غراء ويومها أزهر .

Menceritakan kepada kami Abdullah, Ubaidullah bin Umar, dari Zaidah bin Abi ar-Raaqod, dari Ziyad an-Numairi, dari Anas bin Malik berkata ia, Adalah Nabi shallallohhu ‘alaihi wasallam apabila masuk bulan Rajab, beliau berdo’a ; “Ya Alloh berkahilah kami dibulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami kepada Bulan Ramadhan. Kemudian beliau berkata, “Pada malam jumatnya ada kemuliaan, dan siangnya ada keagungan.

Kedudukan hadits ini: Dha’if (lemah) seperti yang dijelaskan oleh Asy-Syaikh Al Albani Rahimahullah dan Asy-Syaikh Shalih Al Fauzan di dalam fatwa terbarunya.

Berdasarkan data ini, kita menyimpulkan bahwa hadits tersebut berstatus dhaif (lemah), namun tetap bisa diamalkan karena tingkat kedhaifannya yang tidak terlalu parah (berpatokan kepada pendapat Imam An-Nawawi) dan tidak berkaitan dengan masalah akidah dan ibadah mahdhah. Selain itu mengamalkan doa tersebut juga boleh selama tidak diyakini bahwa ia bersumber dari Nabi Muhammad SAW. Allahu a‘lam.

Mungkin itulah yang dapat kami sampaikan mengenai Bacaan Doa Niat Puasa Dan Keutamaan Amalan Bulan Rajab, selain dari pada itu juga kita laksanakanlah puasa syaban, sama halnya seperti melaksanaan pusa arafah dan tarwiyah, niat puasa senin kamis karena baginda Rosul juga dalam hadits itu ada kata kata wasya'bana artinya kita harus menghormati juga pada bulan sya'ban, apalagi ketika tepat dengan malam nisfu syban harus benar-benar jadikan momen utuma untuk meningkatkan amal ibadah kita, supaya mendapat keberkahan dari Alloh SWT