Bacaan Doa Untuk Menengok Bayi Yang Baru Lahir Sesuai Sunnah

Bacaan Doa Untuk Menengok Bayi Yang Baru Lahir. Bayi yang baru lahir kedunia ini semuanya berada dalam kesucian dalam arti masih bertauhid kepada Alloh SWT baik dari keturunan orang Islam maupun luar dari keturunan Islam, namun setelah dewasa bayi tersebut mau di jadikan golongan mana saja itu tergantung pada kedua orang tuanya baik di jadikan Islam, Yahudi, Majusi dan Nasraninya.

Makanya sebagai orang tua harus benar benar bisa mempertahankan sekali gus memberikan suri tauladan bagi setiap anaknya dari mulai dilahirkan kedunia ini sampai dewasa jangan sampai terlena dengan keadaan dunia ini, bahkan menurut ajaran Islam begitu bayi dilahirkan kedunia ini ada doa khusus untuk seorang bayi yang harus di bacakan oleh siapa saja terutama oleh orang tuannya sebagai sunnah Rosululloh SAW.

Dengan adanya bacaan doa bayi baru lahir kita sebagai umat Islam haru hapal benaran atas lafadz doa tersebut, karena di masyarakat kita ini setiap ada orang yang baru melahirkan biasanya kita pada datang untuk menjenguknya, nah ketika kita menjenguk bayi itu jangan cuma kasih kado misalkan atau berupa barang apa saja tapi yang paling berharga menurut ajaran Agama Islam adalah memberikan doa kepada bayi tersebut.

Bacaan Doa Untuk Menengok Bayi Yang Baru Lahir

Untuk bacaan doa bagi bayi yang baru lahir ini akan kami sajikan dalam artikel ini guna untuk membantu hapalan bagi yang masih belum faham atau karena mungkin lupa lagi bacaan doa untuk bayi yang baru lahir itu karena kita ini manusia biasa inilah lafadz doa untuk menengok bayi yang baru lahir dalam tulisa arab, latin lengkap dengan artinya seperti di bawah ini:

Jika bayi yang dilahirkan laki-laki, Anda bisa baca

اُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّآتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لآَمَّةٍ


U 'IIDZUKA BIKALIMAATILLAAHIT TAAMMAATI MINGKULLI SYAITHOONIW WA HAAMMATIW WA MING KULLI 'AINIL LAAMMAH

Artinya :Aku mohon perlindungan untuk laki-laki ini (bayi yang baru lahir) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan syetan, binatang-binatang yang berbisa dan dari kejahatan yang menakutkan.

Jika bayi yang dilahirkan perempuan, Anda bisa baca,

أُعِيذُكِ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ


U 'IIDZUKI BIKALIMAATILLAAHIT TAAMMAATI MINGKULLI SYAITHOONIW WA HAAMMATIW WA MING KULLI 'AINIL LAAMMAH

Artinya :Aku mohon perlindungan untuk bayi perempuan ini (bayi yang baru lahir) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan syetan, binatang-binatang yang berbisa dan dari kejahatan yang menakutkan.

Bisa juga dengan menggunakan bacaan doa berikut ini:

Jika bayi yang lahir laki-laki.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهُ بِكَ وَذُرِّيَّتَهُ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ


Jika bayi yang dilahirkan perempuan.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ


Artinya dua teks doa ini sama,

“Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu untuknya dan untuk keturunannya dari setan yang terkutuk.”

Berdasarka dalil dari Al-quran dan Sunnah diantaranya:

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَى وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَى وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ


Tatkala isteri ‘Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai Dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk.” (QS. Ali Imran: 36).

Dan juga hadits dari Abu Musa radliallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

وُلِدَ لِي غُلاَمٌ، فَأَتَيْتُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَسَمَّاهُ إِبْرَاهِيمَ، فَحَنَّكَهُ بِتَمْرَةٍ، وَدَعَا لَهُ بِالْبَرَكَةِ، وَدَفَعَهُ إِلَيَّ


“Ketika anakku lahir, aku membawanya ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau memberi nama bayiku, Ibrahim dan men-tahnik dengan kurma lalu mendoakannya dengan keberkahan. Kemudian beliau kembalikan kepadaku. (HR. Bukhari 5467 dan Muslim 2145).

Demikianlah yang dapat kami sajikan "Bacaan Doa Menengok Bayi Yang Baru Lahir", semoga bayi kita ini di jadikan anak yang sholih dan sholihah di panjangkan umurnya serta dalam keadan sehat dan juga mendapatkan keberkahan dalam hidupnya, namun bukan hanya itu saja yang dapat kami sajikan masih banyak lagi seperti bacaan doa keluar masuk rumah, doa bepergian, doa selamat dan yang lainnya, makanya terus saja update disini.