Lafadz Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua Bahasa Arab Lengkap Artinya

Bacaan Doa Bapa Kami Lengkap Dengan Artinya - Di sini kami akan memberikan salah satu contoh doa untuk anak kepada orang tua yang sakit, sudah meninggal dunia akhirat dalam al quran, kita sebagai anak yang lahir kedunia ini adalah merupakan jernih payan kedua orang tua dan mengurusi kita ini sampai dewasa, tentunya kita harus bisa membalas kasih sayang kepada kedua orang tua terutama kita mendoakannya agar kedua orang tua itu mendapatkan kebahagiaan dan keselamatan dunia akherat.

Dan kalau kita melihat secara kacamata batin kepada Orang tua yang merupakan sosok panutan kita, sebelum kita berintraksi dengan semua alam, karena mereka adalah merupakan orang yang pertama kali memberikan pelajaran dan pendidikan dalam berbagai macam persoalan dalam kehidupan, sehingga seorang anak dapat menirunya gerak geriknya cara bicara dan hal-hal yang lainnya.

Seorang ibu yang lebih jeli atas memberikan pendidikanya, sehingga ibu mampu memberikan cara ikhlas beramal sesulit apa pun seorang Ibu tetap tersenyum meskipun anak menjengkelkanya, begitu pula seorang ayah rela berkorban jiwa dan raga untuk mencari napkah siang maupun malam, tak peduli hujan dan panas tetap semangat bekerja walaupun badan terasa sakit.

Lafadz Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua Bahasa Arab Lengkap Artinya

Dengan segala pengorbanan kedua orang tua Ibu dan Bapak yang tak pernah mengharapkan imbalan tetap menjadikan doa untuk anaknya, dengan kata semoga anak menjadikan anak yang sholeh dan sholehah panjang usia serta ada dalam kesehatan selamanya dan jadi anak yang patuh dan taat Alloh dan Rosulnya serta kepada orang tua. Maka untuk itu kita balas jasanya dengan bacaan doa untuk orang tua siang maupun malamnya dengan bacaan doa seperti di bawah ini:

Bacaan doa untuk ibu dan bapak (kedua orang tua) lengkap bahasa arab, latin dan artinya.

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا.

ALLOHUMMAGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WAR HAMHUMAA KAMA RABBAYAANII SHAGIIRAA

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Doa Mohon Ampunan Dosa untuk Kedua Orang Tua

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

ALLAAHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIRON. WALIJAMII'IL MUSLIMIINA WALMUSLIMAATI, WALMU'MINIINA WAL MU'MINAATI AL AHYAA'I MINHUM WAL AMWAATI, WATAABI' BAINANAA WA BAINAHUM BIL KHOIRAATI, ROBBIGHFIR WARHAM WA ANNTA KHOIRUR RAAHIMIINA, WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL 'ALIYYIL ADHIIMI.

Artinya :Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

Dengan mendoakannya kita kepada kedua orang tua semoga kita di jadikan anak yang sholih dan sholihah setra kita mendapatkan Ridho Alloh SWT serta mendapatkan surga-NYA karena dalam hadits di terangkan:

رِضَى اللهِ فِى رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ

Artinya:"Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua" (H.R Tabrani)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang shaleh.” (HR. Muslim no. 1631).

"Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua"  (H.R Tabrani)
Itulah yang dapat kami rangkum bacaan doa untuk kedua orang tua dan mohon ampunan lengkap dengan artinya, begitu juga kami sebelumnya telah berbagi bacaan doa anak sholeh, niat puasa rajab dan doa doa lainnya. Semoga dengan adanya artikel kami ini kita dapat mengamalkannya dan kita dijadikan anak yang sholeh dan sholehah.