-->

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit Parah Sesuai Sunnah Rosululloh

Bacaan Doa Untuk Orang Sakit - Kalau kita mengamati semua ciptaan Alloh SWT selalu berpasang-pasangan ada siang ada malam ada sakit ada sehat maka dengan itu kami disini akan berbagi tentang sejumlah Doa Rasulullah untuk kesembuhan Orang sakit baik dari jarak dekat maupun jauh sesuai sunnah Rosululloh SAW, karena orang sakit selalu mengharapkan kesembuhan dari segala penyakit yang dia rasakan.

Sakit adalah merupakan suatu anugrah dari Alloh SWT, walaupun rasanya gak enak dibadan, bahkan kebanyakan orang ketika sakit mereka seolah-olah tidak sadarkan diri bahwa penyakit itu adalah nugraha kasih sayang Alloh kepada hambaNYA yang sangat bermakna, terbukti pada masa shahabat Rosul seperti Abu Bakar sidiq bila mana beliau sudah lama tidak mengalami sakit selalu berharap kepada Alloh SWT.

Makanya jangan jauh-jauh mari kita kaji makna yang terkandung dalam kesakitan kan kita lebih kerap lisan dan hati selalu mengingat Alloh supaya secepatnya memberikan kesembuhan lagi, lebih jauhnya lagi ini adalah kasih sayang Alloh SWT kepada hamba-NYA, karena Alloh maha Tau atas keberadaan kita misalnya kalau kita lagi sehat banyak berbuat dosa, tapi ketika sakit kan kita bisa mengurangi perbuatan dosanya.


Dengan sakit selain dari pada kita bisa mengurangi perbuatan dosa, bisa juga mendatangkan banyak rijqi dan bisa memperbanyak silahturrahmi, sebagai bukti ketika lagi sakit biasaanya banyak orang yang datang mejenguk kita sambil mendo'akan seperti baca surat yasin, ayat kursi, dan juga datangnya orang-orang menjenguk kita tak hanya datang tapi ada yang sambil bawa makanan dan lain sebagainya, kan itu kalau kita sadar yakin dengan adanya penyakit bisa mengundang berbagai manfaat baginya, tapi tetap kita berharap minta kesembuhan Kepada Alloh SWT.

Nah disini Admin akan menyajikan bacaan doa untuk orang sakit yang sangat di anjurkan agar segera diberi kesembuhan. Mungkin teman-teman saat sedang sakit juga sering meminta kesembuhan (berdoa: Ya Allah, sembuhkanlah penyakit hambaMu ini, amien) kurang lebih begitulah doanya, tapi ada lagi doa yang lebih khusus untuk dibaca ketika sedang sakit.

Sebagai mana Doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, bahwasanya :

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBANNAASI ADZHIBIL BA'SA WASY FIHU. WA ANTAS SYAAFI, LAA SYIFAA-A ILLA SYIFAAUKA, SYIFAA-AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAA

Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).

Dan juga dalam Hadts lain, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim, bahwasanya :

Dari Abu ‘Abdillah ‘Utsman bin Abil ‘Ash radhiyallahu ‘anhu, dia mengadukan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang rasa sakit yang ada pada dirinya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya: “Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah sebanyak tiga kali

بِسْمِ اللهِ

BISMILLAH

Artinya: Dengan menyebut nama Allah

kemudian bacalah sebanyak tujuh kali:

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A'UUDZU BI 'IZZATILLAHI WA QUDRATIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU

Artinya: “Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan” (HR. Muslim)

Selain doa kesembuhan, kita juga dapat menyertakan doa pengampunan dosa dan perlindungan agama dan raga mereka yang sedang sakit. Doa ini yang dibaca oleh Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA sebagaimana riwayat Ibnu Sunni berikut ini.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya, “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Itulah yang dapat Admin publikan kepada saudara seiman dan seperjuangan dimana pun berada mengenai bacaan doa untuk orang sakit, semoga dengan membaca doa ini kita mendapat kesembuhan yang lebih bermakna dalam menjalani kehidupan dunia demi mencapainya kebahagiaan Akherat. begitu juga kami sebelumnya telah menyajikan doa bayi baru lahir, doa cepat hamil, doa keluar masuk rumah dan masih banyak lagi yang lainnya semoga bermanfaat bagi kita semua.

Advertisement