Tata Cara Sebelum Berdzikir Berdoa Yang Baik Benar Sesuai Sunnah

Tata Cara Sebelum Berdzikir Berdo'a Yang Baik Benar Sesuai Sunnah - Semua orang pada dasarnya ketika melaksanakan ibadah kepada Alloh SWT harapan yang terswimpan dalam hatinya ingin segala amalannya di terima atau di qabul olah Allog SWT. namun ketika kita sedang beribadah seperti berdoa tidak benar-benar sebelumnya untuk adab atau berusaha bagai mana agar doa kita cepat di qabulkannya, maka kami disini akan sedikit memberikan pencerahan tentang tata cara sebelum berdo’a dan berdzikir yang baik dan benar sesuai sunnah.

Karena banyak orang yang menganggap secara pribadinya setelah melaksanakan ibadah atau berdoa tidak di kabulkan oleh Alloh SWT, padahal bukannya Alloh tidak menerima atas doanya namun kita kurang beradab dalam melaksanakannya, karena berdoa itu memiliki tata cara dalam islam sesuai dengan sunnah Rosululloh SAW, maka untuk itu, terlebih dahulu sebelum berdoa untuk memperhatikannya bagai mana cara berdoa agar cepat terkabulkan oleh Alloh SWT.

Sedangkan ijabah doa itu sudah menjadikan janji Alloh SWT, namun cara yang berbeda karena Alloh mengabulkan doa itu sekehendaknya bukan atas kemauan kita dan waktu yang telah di kehendakinya oleh Alloh bukan pada waktu yang telah kita ditentukannya, yang pasti Alloh yakin akan mengabulkannya atas doa seseorang hamba-NYA, nah untuk lebih jelasnya tata cara berdoa agar cepat dikabulkan akan kami sajikan seprti dibawah ini:

Tata Cara Sebelum Berdzikir Berdo'a  Yang Baik Benar Sesuai Sunnah

1. harus beradab,
Setiap orang yang memohon kepada Alloh swt harus memerhatikan etika dan sopan santun dalam berdo'a antara lain:
a. Memohon hanya kepada Alloh swt.
b. Memohon pada keadaan yang mulia, seperti: saat bersujud kepada Alloh swt, setelah shalat fardu, waktu sahur, saat turun hujan,dan ketika berpuasa.
c. Memohon pada saat yang baik dan tepat, seperti: rentang waktu antara azan dan iqomat,
sepertiga tahun.
d. Menghadap qiblat seraya mengangkat kedua tangan.
e. Meyakini permohonan akan terkabul.
f. Merendahkan diri, khusuk,dan takut akan murka Alloh swt.
g. Melembutkan suara, karena berdo,a ditujukan kepadayang maha mendengar,serta tidak memaksakan diri untuk melagukan do,a.
h. Memulai permohonan dengan menyebut salah satu al -Asma'ul Husna kalimah tauhid ,tahmid, serta bershalawat atas rasul saw: tidak langsung mengungkapkan maksud yang di tuju.
i. Tidak memohon keburukan bagi diri sendiri ataupun orang lain,memutuskan hubungan silaturrahmi dan yang diharamkan agama, seperti: memohon kematian karena di timpa musibah, memohon menimpakan azab dengan segera di dunia, dan lain-lain.
j. Menyatakan permohonan dengan baik dan jelas.
k. Mengulangi permohonan sampai tiga kali dan di utamakn sesering mungkin,serta tidak tergegas gegas.
l. Bertaubat kepada Alloh swt atas kesalahan yang pernah di perbuat.
m. Menutup permohonan dengan bertahmid dan ber-sholawat atas nabi saw. lalu mengusapkan kedua tangan ke wajah.

2. Adab berzikir
Etika dan sopan santun bagi orang yang berzikir kepada Alloh swt,antara lain:
a. Merendahkan diri, tidak boleh takabur.
b. Mengkhusyukan hati dan tidak lengah atau lalai.
c. Meniatkan untuk menambah keimanan.
d. Memohon ampun atas dosa-dosa yang telah di lakukan.
e. Tidak mengeraskan suara.

Itulah yang dapat Admin publikan tentang tata cara berdo'a dan berdzikir yang baik agar cepat dikabulkan, begitu juga kami sebelumnya telah berbagi doa selamat, doa untuk orang sakit tata cara shalat istikharah, niat mandi wajib semoga ada manfaatnya dan kita sehingga bisa melaksanakan semaksimal mungkin tata cara berdo'a dan berdzikir agar supaya mendapatkan kebahagiaan dunia dan akherat.Akhir kata wassalamu'alaiku Wr Wb.