-->

Memahami Pengertian Dzikir, Doa Secara Bahasa Istilah Dalam Islam

Pengertian Dzikir, Doa Secara Bahasa Dan Istilah - Dalam syariat islam ada yang dinamakan dzikir dan doa bahkan syariat ini sudah menjadikan hal yang biasa di laksanakan oleh setiap umatnya, namun yang saya hawatirkan masih banyak yang masih tidak faham tangtang pengertian doa dan dzikir, karena doa memiliki dua pengertian yanitu secara terminologi dan etimologi atau secara bahasa dan istilah, maka untuk itu kami disini akan memberikan penjelasan arti dari padadoa dan dzikir.

Pengertian dzikir menurut bahasa adalah mengingat,sedangkan kalau menurut syar'iyat adalah mengingat kepada Alloh SWT didalam hati dengan maksud untuk mendekatkan diri kepadanya supaya kita yang menjalankannya mendapatkan kebahagiaan hidup dunia dan akherat. Jadi yang dimaksud dzikir di sini bukan kita selamanya harus terus berada ditempat misalnya dimasjid, moshala atau di tempat lainnya tapi yang dimaksud dzikir itu selamanya kita baik dalam keadaan sedang duduk,berdiri atau bagai manapun tetap kita harus selalu mengingat kepada Alloh dalam arti tidak ada batasnya dalam berdzikir

Nah untuk itu supaya kita semua ingin mendapatkan ketenangan jiwa dalam menjalankan kehidupan ini makanya kita harus sering kali mengingat Alloh SWT karena Alloh lah yang mampuh menyelesaikan segala urusan dan kesulitan apapun yang kita hadapi, maka untuk itu supaya kita tepat sasaran dalam menjalankan dzikir kepada Allloh SWT maka kami di sini akan berbagi ilmu tentang pengertian doa secara bahasa dan Istilah.

Memahami  Pengertian Dzikir, Doa Secara Bahasa dan Istilah Dalam Islam

Sebagaimana Alloh berfirman dalam  QS. Aali ‘Imroon (3) ayat 191,
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللّهَ قِيَاماً وَقُعُوداً وَعَلَىَ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذا بَاطِلاً سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Artinya:
“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allooh sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Robb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Kita sebagai manusia diperintah oleh Alloh SWT untuk selalu Dzikir dan berdoa dengan sebanyak-banyaknya, sebagai mana Alloh SWT telah berfirman dalam surat al-Ahjab ayat 41-42
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (41) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا (42
Artinya: Hai orang-orang yang beriman berdzikirlah ( dengan menyebut nama ) Alloh,dzikir yang sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang ( Qs al-Ahjab 41-42 )

Banyak kalimat-kalimat untuk berdzikir diantaranya:
1. Tasbih , Subhaanallohil 'azhiim
2. Tahmid, Alhamdulillaahirobbil'alamiin
3. Tahlil, Laailaahaillalloh
4. Takbir, Allohuakbar
5. Hawaqolah, Lahaulawalaaquwwata illaabillaahil 'aliyyil'azhiim

Kalimat-kalimat tersebut merupakan bagian dari pembendaharaan surga. Pembaca mendapatkan fadilah kandungan dari kalimat-kalimat tersebut, bahkan kalimat-kalimat ini bisa juga di sebut  al-Baqiyatu sholihah, walaupun hanya membaca sekali tetap kita akan mendapatkan fadilah dari Alloh SWT lebih utama apa bila di baca sesering mungkin.

Rosululloh saw menjelaskan fadilah bagi pembaca al-Baqiyatu sholihah, di antaranya:

1. Dicintai Alloh swt.
2. Dicintai Rosululloh Saw.
3. Dilindungi Malaikat.
4. Dimintakan ampunan oleh malaikat kepada Alloh swt.
5. Diberikan pahala satu pohon di surga.

Rosululloh saw juga menerangkan , pembaca salah satu atau beberapa kalimat yang termasuk dalam kalimat al-Baqiyatu sholihah secara terpisah , tetap akan mendapatkan fadilah , diantaranya :

1.Pahala Tasbih mengisi separuh timbangan, Tahmid memenuhi timbangan , dan Takbir memenuhi timbangan
2.Membaca Tasbih , Tahmid , atau Takbir adalah sedekah.
3.Jika membaca Tasbih, Takbir, atau Tahlil, maka Alloh swt menghapuskan 25 kejahatan.
4.Jika membaca Tahmid maka Alloh swt menghapuskan 30 kejahatan.
5.Pembaca, Subhaanalloh wabihamdihi. sebanyak 100 kali dalam satu hari, Diampuni dosanya dan di tuliskan 1.000 kebajikan untuknya.
6.Jika membaca , Subhaanalloh wabihamdihi subhaanallohil 'azhiim , maka memberatkan timbangan amal da disayangi Alloh swt
7.Membaca Hawqolah , sama dengan mendapatkan obat untuk 99 macam penyakit, atau paling sedikit mendapatkan ketenangan hati.
8.Bagi pembaca , Laailaahaillalloh wahdahu laasyarikalah lahulmulku walahul hamdu wahuwa 'ala kulli syaiin qodiir, sebanyak 10 kali, maka Alloh swt membukakan pintu langit untuknya, memperkenankan permintaannya, dan menghapuskan keburukannya.
9.Jika membaca, ( Laailaahaillalloh wah dahu laasyarikalah lahulmulku walahulhamdu yuhyi wayumitu wahuwalhayyulladz laayamutu biyadihilkhoir wahuwa 'alaakulli syain qodiir) niscaya Alloh swt memasukannya kedalam surga Na'im.

Dari saya di cukupkan sekian saja mengenai tentang Pengertian Dzikir, Doa Secara Bahasa dan Istilah semoga ada manfaatnya bagi kita semua, mohon maaf bila ada kekeliruan dalam menyampaikannya ma'lum saya manusia biasa.Begitu juga kami sajikan doa selamat keutamaan sholat awal waktu, pengertian iman islam dan ihsan, tata cara shalat istikharah lengkap dengan doanya dan masih banyak lagi artikel yang lainnya

Advertisement