-->

Bacaan Doa Tolak Bala Arab Latin Lengkap Terjemahan

Bacaan Doa Tolak Bala - Di kala Alloh SWT menurunkan balai tidak ada satupun yang bisa menolaknya, namaun walau demikian kita sebagai hambanya tetap di anjurkan untuk menjalankan syari'at dalam mengantisifasi datangnya balai dengan tujuan melaksanakan kewajiban seorang hamba dalam pengabdian kepada Alloh SWT.

Sebenarnya kalau kita sadar atas adanya musibah atau balai yang kita terima itu adalah sebagai ujian atas keimanan seseorang hambanya. karena hidup itu adalah ujian baik yang sifatnya berupa nikmat atau balai itu kedua-duanya dalah ujian.

Alloh SWT bersifat Rahman dan Rohim (pemurah lagi penyayang) tentunya segala sesuatu yang datang dari Alloh itu ada hikmahnya sehingga dapat di jadikan jalan untuk meraih Ridhonya, orang yang di berikan nikmat wajib di syukurinya, begitu pula yang mendapat musibah atau balai harus di terima dengan shobar.


Disini kami akan berbagi bacaan doa tolak bala dalam tulisan bahasa arab latin lengkap terjemaahannya dengan harapan kita mendapatkan keselamatan dan kesabaran setrta ridho Alloh AWT sehingga kita dijadikan hamba yang shobar dan bisa syukur dikala mendapatkan nikmat.

1. Bacaan Doa Tolak Bala Panjang Arab

اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلَآءَ وَالْبَلَآءَ وَالْوَبَآءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَآئِدَ وَالْمِحَنَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بَلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً اِنَّكَ عَلَى كُلِّى شَيْئٍ قَدِيْرٌ

“Allaahummadfa Annalgholaa-A, Walbalaa-A, Walwabaa-A, Walfahsyaa-A, Walmunkaro, Wassuyuufalmukhtalìfata, Wasysya Daa-ìda, Walmìhana Maadhoharo Mìnha, Wamaabaathona Mìnbaladìnaa Khossotan, Wamìn Buldaanìl Muslìmììna ‘Aamma Tan. ìnnaka ‘Alaa Kullì Syaì-ìn Qodììr.”

Artinya : “Ya Allah, hindarkanlah Kami dari kekurangan pangan, cobaan hidup, penyakit-penyakit atau wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman-ancaman yang beraneka ragam paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya Engkau adalah atas segala sesuatu adalah kuasa.”

2. Bacaan Doa Tolak Bala Sesuai Sunnah Arab

اللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَسِرِّ الْفَاتِحَةِ يَا فَارِجَ الْهَمِّ وَيَاكَاشِفَ الْغَمِّ، يَامَنْ لِعِبَادِهِ يَغْفِرُوَيَرْحَمُ، يَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَا اَللّٰهُ، وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحْمٰنُ وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحِيْمُ وَ صَلَّى اللَّهُ وَسَلَّمَ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

“Allohumma bìhaqqìl Fatìhah, Wasìrrìl fatìhah, Yaa Faarìjal hamma, wa Yaa kasyìfal ghomma, Yaa Man lì ìbaadìhì yaghfìru wa yarham, Yaa dafì’al bala-ì Yaa Allah, wa Yaa dafì’al bala-ì Ya rohman, wa Yaa dafì’al bala-ì Yaa Rohììm.”

“wa sholallohu wa sallama ‘ala khoìrì kholqìhì, Syyìdìna Muhammadìn wa ‘ala alìhì wa shohbìhì ajma’ìn, Subhaana robbìka robbìl ìzzatì amma yashìfun, Wasalamun ‘alal mursalìn walhamdulìllahì robbìl ‘alamììn.”

Artinya : “Dengan kebenaran Al-Fatihah karena rahasia Al-Fatihah yang sangat luar biasa. Manusia hendaknya percaya kepada Allah yang mampu membedah hati yang gelisah, menyingkap kebingungan karena Dialah dzat yang mengampuni dan mengasihi semua hambanya.”

“Karena Dia jugalah zat yang mampu menolak bala dari berbagai macam jenis bala. Semoga salam serta sholawat tercurah kepada Muhammad sebagai Rasullnya orang-orang mukmin dan para sahabatnya. Dan semoga keselamatan dilimpahkan kepada para Rasul Allah, serta segala puji bagi Tuhan semesta Alam.”

3. Bacaan Doa Tolak Bala Pendek Arab

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Bìsmìllaahìlladzìì laa yadlurru ma’as mìhì syaì’un fìl ardhì wa laa fìs samaa’ì wa huwas samìì’ul ‘alììm.”

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudhorot). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maja Mengetahui.”

4. Bacaan Doa Tolak Bala Arab

الحمدُ للهِ الذي عافَانِي مِمَّا ابْتلاكَ به ، و فَضَّلَنِي على كَثيرٍ مِمَّنْ خلق تَفضِيلًا

“Alhamdulìllah alladzì Afanì mìmma ìbtalaaka bìhì wa faddholanì ala katsìrìn mìmma khalaqa tafdhììla.”

Artinya “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan keselamatan kepadaku dari bala’ (musibah atau penyakit) yang telah menimpamu serta Ia telah memberikan anugerah kepadaku atas kebanyakan makhluk yang telah Ia ciptakan.”

5. Bacaan Doa Tolak Bala Nabi Yunus Arab

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin.”

Artinya : “Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”
6. Bacaan Doa Tolak Bala Pendek Arab

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Bìsmìllaahìlladzìì laa yadlurru ma’as mìhì syaì’un fìl ardhì wa laa fìs samaa’ì wa huwas samìì’ul ‘alììm.”

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudhorot). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maja Mengetahui.”

Dengan adanya syukur dan shobar itulah hamba yang sebenarnya di hadapan Alloh SWT sehingga hamba tersebut telah memiliki nafsu mutmainnah dalam atri tenang tidak gelisah hatinya di hadapkan pada nikmat dan musibah, sedangkan orang yang berhaq mendapatkan panggilan dari Alloh SWT sebagai mana dalam Firman-NYA (QS. Al-Fajr: 27-30)

يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ (27) ارْجِعِي إِلَى رَبِّكِ رَاضِيَةً مَرْضِيَّةً (28) فَادْخُلِي فِي عِبَادِي (29) وَادْخُلِي جَنَّتِي (30)

“Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jama’ah hamba-hamba-Ku, masuklah ke dalam syurga-Ku.” (QS. Al-Fajr: 27-30)

Kata Ibnu Katsir rahimahullah, ini adalah panggilan Allah pada seseorang menjelang sakratul maut, juga ketika bangkit pada hari kiamat. Sebagaimana para malaikat memberikan kabar gembira seperti ini pada seorang mukmin ketika ia menjelang sakratul maut dan bangkit dari kuburnya. Sam halnya seperti ayat ini. (Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 7: 564)

Jadi intinya kita sebagai hamba Alloh supaya mendapatkan seruan masuk kesurga minimal harus memiliki nafsu mutmainnah seterusnya rodiyah, Mardhiyah dan terakhir nafsu kamilah, betarti yang masih dirinya dikuasai dengan nafsu amarah, lawwamah dan mulhimah itu tidak akan terpanggil oleh Alloh SWT untuk masuk pada suarga-NYA.

Demikian yanag dapat kami buat tentang bacaan doa selamat tolak balai sesuai sunnah dalam tulisan bahas arab latin lengkap denagn atrinya semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan kita mendapatkan ridho Alloh SWT.